Sunday, July 2, 2017

MASYAALLAH !!! JIKA BERDO'A DI 14 WAKTU INI, INSYAALLAH DO'A MU AKAN DI KABULKAN ALLAH SWT..AMIIN _Syamsul azam


"Wahai manusia, sepanjang engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, saya mengampuni dosamu dan tidak saya hiraukan lagi dosamu” (HR. At Tirmidzi, ia menyampaikan : ‘Hadits hasan shahih’)

Apakah mempunyai keinginan yang belum terwujud? Telahkah berdoa dan memohon pada Allah dengan merendahkan hati?



Sebenarnya ada beberapa waktu tertentu yang mustajab, artinya saat memohon pada Allah dalam doa di saat itu, in syaa Allah akan dikabulkan oleh-Nya.

Kapan sajakah 14 saat yang dimaksud?

1. Waktu adzan berkumandang
Dari Sahl bin Saad kalau Rasulullah SAW bersabda, ”Ada dua yang tidak tertolak alias tidak sering tertolak : Doa ketika adzan dan doa ketika perang berkecamuk. ” (HR. Abu Daud, Baihaqi, dan Hakim)

2. Doa di antara Adzan dan iqamah
Dari Anas bin Malik mengatakan kalau Rasulullah SAW bersabda, “Doa pada adzan dan iqamah tak ditolak, jadi berdoalah kamu” (HR. Ahmad)

3. Sebelum Salam pada saat Shalat
“Ada yang bertanya : Wahai Rasulullah, kapan doa kami didengar oleh Allah? Beliau bersabda : “Diakhir malam dan diakhir shalat ” (HR. Tirmidzi, 3499)

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma’ad (1/305) membahas bahwa yang disebut ‘akhir shalat harus’ adalah sebelum salam. Dan tidak ada kisah kalau Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabat meselalukan berdoa memohon sesuatu selesai salam.

4. Di hari Rabu, antara Dzuhur serta Ashar
Sunnah ini belum di ketahui oleh tidak sedikit golongan muslimin, yakni dikabulkannya doa diantara shalat Zhuhur dan Ashar dihari Rabu. Ini dikisahkan oleh Jabir bin Abdillah Radhiallahu’anhu :

“Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam berdoa di Masjid Al Fath 3 kali, yakni hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yakni di antara dua shalat. Ini di ketahui dari keceriaan di muka beliau. Menyampaikan Jabir : ‘Tidaklah sebuahperkara utama yang berat pada saya terkecuali saya pilih saat ini untuk berdoa, serta saya merasakan dikabulkannya doa saya‘”

“Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yakni diantara shalat Zhuhur dan Ashar” (HR. Ahmad, no. 14603, Al Haitsami dalam Majma Az Zawaid, 4/15, menyampaikan : “Semua perawinya tsiqah”, juga dishahihkan Al Albani di Shahih At Targhib, 1185)

5. Sementara bangun tidur pada malam hari untuk orang yang sebelum tidur dalam keadaan suci
Dari Amr bin Abasah kalau Rasulullah SAW bersabda,



“Tidaklah seseorang hamba tidur dalam kondisi suci lantas tersadar saat malam hari lalu memohon suatu hal tentang masalah dunia dengan kata lain akhirat tetapi Allah akan mengabulkannya. ” (HR. Ibnu Majah)
6. Waktu berbuka puasa untuk orang yang
berpuasa
Dari Abdullah bin Amr Ash kalau dianya mendengar Rasulullah SAW


bersabda, ”Sesungguhnya untuk orang yang berpuasa ketika berbuka ada doa yang tidak ditolak” (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

7. Doa pada saat sujud dalam shalat
Doa di saat sujud yakni sujud dalam shalat dengan kata lain sujud-sujud lain yang di ajarkan Islam sejenis sujud sukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi. Dari Abu Hurairah menyampaikan kalau Rasulullah SAW bersabda, ”Saat yang paling dekat dengan Tuhannya adalah saat ia sujud, jadi pertidak sedikitlah doa. ” (HR. Muslim)

8. Waktu tengah kehujanan
Dari Sahl kalau Rasulullah SAW bersabda, “Dua doa yang tidak pernah tidak diterima, doa pada saat adzan dan doa pada saat kehujanan. ” (HR. Hakim)

9. Waktu Melihat Sakratul Maut
Dari Ummu Salamah kalau Rasulullah SAW mendatangi tempat tinggal Abu Salamah pada hari meninggal dunianya, dan beliau peroleh ke-2 mata Abu Salamah terbuka lantas beliau memejamkannya, lalu menyampaikan, ”Sesungguhnya ketika ruh dicabut, jadi pandangan mata akan mengikutinya. ” Semuanya keluarga histeris. Beliau lantas bersabda, ”Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian terkecuali kebaikan, sebab beberapa malaikat mengamini apa yang kalian katakan. ” (HR. Muslim)

10. Sebentar di Hari Jumat
“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat lalu beliau bersabda : ‘Di dalamnya ada saat. Jika seseorang muslim berdoa saat itu, pasti diberbagi apa yang ia minta’. Lantas beliau menyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya saat tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari teman dekat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

11. Saat malam Lailatul Qadar
Allah SWT berfirman, “Malam kemuliaan itu tambah baik dari seribu bln.. Saat malam itu turun malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua masalah. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar. ” (Q. S Al-Qadr : 3-5)

12. Doa pada hari ‘Arafah
Dari Amr bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya kalau Rasulullah SAW bersabda, ”sebaik-baik doa adalah pada hari ‘Arafah” (HR. Al-Tirmidzi)

13. Semacamga akhir malam
Dari Abu Hurairah kalau Rasulullah SAW bersabda, “Tuhan kami yang Maha Karena dan Maha Tinggi turun ke langit dunia tiap-tiap malam pada semacamga malam paling baru dan berfirman, “Barangsiapa berdoa kepada-Ku pasti Saya kabulkan, barangsiapa memohon kepada-Ku pasti Saya berikan, dan barangsiapa yang memohon ampunan-Ku pasti Saya ampuni’” (HR. Bukhari)

Amr bin Abasah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Saat yang paling mendekatkan seseorang hamba dengan Tuhannya adalah waktu ia dalam sujudnya dan jika ia bangun melakukan shalat pada semacamga malam yang paling baru. Karenanya, jika kamau mempu jadi orang yang berzikir pada Allah ketika itu jadi jadilah. ” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

14. Waktu Minum Air Zamzam
“Khasiat Air Zam-zam itu sesuai sama kemauan peminumnya” (HR. Ibnu Majah, 2/1018. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah, 2502
 (dakwah-surga)

No comments:

Post a Comment

silahkan masukan kritikan yang membangun