Wednesday, April 19, 2017

Cari Uang Tambahan Dari Google AdSense

Apa itu Google Adsense?

Google Adsense adalah suatu program periklanan online yang dimiliki oleh perusahaan raksasa internet Google, Inc., Google menawarkan program Adsense ini kepada semua orang yang memiliki konten pada website atau blog. Dari manakah para peng-iklan datang? Selain program Google Adsense, Google juga memiliki program periklanan yang disebut dengan program Google Adwords. Google Adwords adalah suatu program periklanan online yang diperuntukan bagi orang-orang yang memiliki bisnis dan ingin mengiklankannya di internet melalui mesin pencari Google (www.google.com) atau melalui jaringan website/blog yang mengikuti program Google Adsense. Jadi orang-orang yang beriklan di Google Adwords nantinya iklan mereka akan muncul pada website/blog orang-orang yang mengikuti program Google Adsense. 

Bagaimanakah Sistem Program Google Adsense?

Program Google Adsense adalah jenis periklanan online dengan sistem Pay Per Click (PPC). Dalam sistem PPC ini seorang publisher Google Adsense akan mendapatkan komisi jika iklan Adsense yang ditampilkan pada website/blog mereka diklik oleh pengunjung yang memang tertarik pada iklan yang muncul pada website/blog tersebut. Jadi jika ada pengunjung yang melihat iklan Google Adsense kemudian pengunjung tersebut tertarik pada suatu iklan dan meng-klik-nya, maka si pemilik website/blog tersebut akan mendapatkan komisi.

Komisi per-klik dari iklan Adsense sangat bervariasi tergantung seberapa besar pengiklan (advertiser) ingin membayar untuk iklan mereka pada program Google Adwords, mulai dari yang terendah yaitu sekitar $0,01/klik hingga beberapa dollar per-kliknya. Saya sendiri sangat sering mendapatkan nilai klik yang cukup tinggi antara $0,5 hingga $7/klik-nya, menarik bukan? Pada Bab-bab selanjutnya saya akan memberi tahu rahasianya agar memperoleh nilai klik yang tinggi.

Perhatikan contoh gambar dibawah ini, bisa Anda lihat disitu terdapat contoh iklan Google Adsense yang ada pada suatu blog. Ada iklan jenis teks/text ads (atas) dan ada iklan jenis gambar/image ads (bawah), seperti ditunjukan oleh tanda panah merah.

  

CARA MENDAFTAR GOOGLE ADSENSE

Pada dasarnya untuk mendaftar program Google Adsense Anda bisa langsung mendaftarkan website/blog di situs Adsense http://www.google.com/adsense secara langsung. Akan tetapi mendaftar program Google Adsense saat ini tidak semudah dulu, banyak sekali orang Indonesia yang mencoba daftar Adsense secara langsung namun website atau blog mereka sering ditolak karena dianggap tidak memenuhi persyaratan.

Cara membuat account Google Adsense memang bisa dibilang gampanggampang susah, kenapa saya mengatakan demikian, karena banyak sekali orangorang yang menganggap bahwa mendaftar program Google Adsense itu cukup mudah, dan banyak juga orang yang mengatakan bahwa mendaftar program Google Adsense saat ini sangat sulit. Tapi tenang saja disini saya akan menjelaskan rahasia cara termudah dalam mendaftar program Google Adsense yang bisa Anda tiru.

Cara I - Membuat Akun Adsense Melalui Youtube

Langkah-langkahnya:
1. Buat sebuah email Gmail baru di http://gmail.com, nantinya Anda akan memiliki sebuah alamat email dan Google account yang bisa digunakan untuk log in pada semua produk layanan Google seperti Youtube, Blogger dan Adsense.

2. Setelah email jadi, silahkan masuk atau log in ke http://youtube.com dengan menggunakan email dan password Google account tersebut.

3. Setelah log in ke Youtube langkah selanjutnya yaitu setting “Video Manager” pada akun Youtube.

Perhatikan gambar tampilan akun Youtube dibawah ini, pada gambar bagian kanan atas terdapat gambar profil Anda, lalu klik maka akan muncul menu akun youtube, kumudian klik menu “Creator Studio” seperti ditunjukan oleh tanda panah merah.


Jika sudah meng-klik menu “Creator Studio” maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:


Lalu buatlah channel dengan mengklik “Create a channel” seperti yang ditunjukan oleh tanda panah. Kemudian isilah dengan nama Anda, lalu jenis kelamin (Gender) dan tanggal lahir Anda (Birthday), seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Jika sudah lalu klik “Continue”.

Catatan: Jika tidak ada tampilan seperti gambar diatas, maka langsung saja upload video, karena tampilan akun youtube sering berubah-ubah.


4. Upload beberapa video ke youtube, saya sarankan meng-upload minimal 3 - 5 buah video saja dulu.
Perhatikan gambar berikut ini:
Klik “Upload” seperti ditunjukan oleh tanda panah, lalu klik “Select files to upload” dan mulailah meng-upload file video dari komputer Anda. Pada saat mengupload video silahkan isi judul video atau “Title” video, kemudian deskripsi video “Description”, dan juga “Tags” diisi dengan kata kunci yang sesuai dengan
deskripsi video yang Anda upload. Jika sudah selesai klik “Save” (Kadang sudah tersave secara otomatis).
Video yang boleh di upload ke youtube adalah video yang tidak melanggar hak cipta dan sebaiknya video milik Anda sendiri. Contoh video yang bisa Anda upload misalnya video tentang cara membuat sesuatu, video cara memakai sesuatu, contohnya video cara membuat kue atau video cara memakai kerudung misalnya, atau hal-hal lainnya yang memungkinkan untuk Anda lakukan. Kemudian video tentang hewan peliharaan Anda yang lucu juga bisa Anda upload ke Youtube, atau juga video tentang grup band Anda yang sedang bernyanyi misalnya. Mudah bukan?

Tips dan Trik:
Agar lancar diterima Adsense, sebaiknya gunakan video asli buatan Anda yang belum pernah di upload ke youtube. Jika Anda kebingungan karena tidak punya video yang harus di upload ke Youtube maka:

Buatlah video dengan kamera HP Anda, misalnya membuat tutorial cara membuat nasi goreng, yang mana bisa Anda lakukan sendiri atau dibantu oleh seorang teman Anda. Atau buatlah video apapun, terserah Anda asalkan itu adalah hal yang baik. Durasi video pun tidak usah terlalu lama misalnya hanya beberapa menit saja. Usahakan kualitas gambar video cukup bagus.
Cara lainnya yaitu dengan mendownload video yang sudah ada di internet, kemudian melakukan sedikit editing melalui sofware pada video tersebut, lalu menguploadnya kembali, asalkan videonya tidak melanggar hak cipta dan tidak merugikan orang lain maka tidak masalah jika Anda ingin mengupload video tersebut.
5. Setelah video ter-upload kemudian klik “Publish”, langkah selanjutnya adalah kembali ke menu “Creator Studio” dan klik menu “Channel”. Perhatikan gambar dibawah ini:

Perhatikan gambar diatas, Jika sudah masuk ke menu “Channel > Status and Features” kemudian cari feature “Monetization” lalu klik “Enable” seperti ditunjukan oleh tanda panah merah, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:

Kemudian klik “Enable My Account” dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

Jika sudah muncul lalu centang/checklist semua kolom yang ada seperti ditunjukan oleh tanda panah merah, kemudian klik “I accept”, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:

Kemudian checklist seperti yang ditunjukan oleh tanda panah merah lalu klik “Monetize”, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:

Kemudian klik “Got it”. Sampai tahap ini berarti Anda sudah hampir selesai membuat sebuah akun Google
Adsense, dan video yang Anda upload sedang ada dalam tahap review oleh pihak Google.

Perhatikan tanda panah merah pada gambar diatas, disitu terlihat simbol tanda tanya (?) berwarna hijau, ini artinya bahwa setting Adsense pada akun youtube Anda sudah benar, namun masih dalam status “Under review” atau masih diperiksa oleh pihak Google apakah video-nya layak untuk diterima atau tidak. Anda
harus menunggu hingga beberapa jam sebelum diterima, jika sudah sejam kemudian reload/refresh atau buka kembali halaman Youtube tersebut. Biasanya setelah beberapa jam maka status “Under Review” akan berubah menjadi status “Monetize” seperti ditunjukan pada gambar berikut:

6. Jika sudah, langkah selanjutnya klik lagi menu “Channel”. Jika Anda telah melakukan tahapan-tahapan diatas dengan benar, maka tampilan akun Youtube pada menu “Status and features” akan terlihat seperti contoh gambar berikut ini:

Bisa dilihat pada gambar diatas feature “Monetization” berubah statusnya menjadi aktif (lingkaran hijau) seperti ditunjukan oleh tanda panah merah.

7. Langkah selanjutnya yaitu klik menu “Monetization”.
Perhatikan tanda panah pada gambar dibawah ini:

Jika sudah, kemudian klik “How will I be paid?” lalu klik “associate an AdSense account” dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:

Selanjutnya Klik “Next” dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Jika sudah muncul lalu klik klik “Yes, proceed to Google Account sign in” atau klik “Yes, use email_anda@gmail.com”, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

Pada bagian “Content language” pilihlah bahasa sesuai dengan bahasa video Anda. Jika Indonesia, maka pilihlah bahasa Indonesia. Jika Sudah lalu klik “Continue”. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Isilah semua kolom yang ada sesuai dengan data diri Anda.
Untuk “Country or teritory” pilih Indonesia.
Untuk “Account Type” pilih Individual.
Untuk “Payee Name” isi dengan nama lengkap Anda sesuai dengan KTP.
Untuk “Street Address” isi dengan alamat lengkap rumah Anda.
Untuk “City/Town” isi dengan nama kota alamat Anda.
Untuk “Province” isi dengan nama provinsi alamat Anda.
Untuk “Postal code” isi dengan kode pos alamat rumah Anda, jika tidak tahu coba
tanyakan langsung ke kantor pos terdekat.
Untuk “Phone” isi dengan nomor telepon/handphone Anda.
Jika semuanya sudah diisi lalu klik “Submit my application”

8. Setelah proses “submit my aplication”, maka Anda akan dikembalikan ke tampilan akun youtube seperti gambar berikut ini:

Dari gambar diatas dapat dilihat keterangan bahwa akun Adsense Anda telah didaftarkan dan sedang di review/diperiksa oleh tim Google Adsense yang mungkin bisa memakan waktu hingga beberapa jam, beberapa hari atau bahkan hingga satu minggu. Nantinya jika proses review telah selesai dan pendaftaran Adsense Anda diterima maka Anda akan memperoleh email pemberitahuan ke alamat email Gmail Anda, jadi sering-seringlah membuka email.

9. Jika pendaftaran Adsense Anda diterima, maka Anda akan mendapatkan email yang isinya kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

Setelah itu silahkan log in ke http://www.google.com/adsense dan Anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut ini:


Kemudian scroll ke bawah, lalu pilih “Yes I have read and accept the above Terms and Conditions” seperti ditunjukan oleh tanda panah merah, kemudian klik “Continue to my Adsense Account” dan Anda akan masuk ke halaman utama akun Google Adsense, tampilannya seperti gambar berikut:

10. Jika Anda sudah sampai tahap ini, saya ucapkan selamat karena Anda sudah berhasil memiliki sebuah Akun Google Adsense yang aktif.

11. Dengan akun Google Adsense tersebut Anda dapat menampilkan iklan Adsense pada video di Youtube dan juga pada blogger/blogspot. Untuk menampilkan Adsense di blogspot blog, Anda harus membuat iklan Adsense dulu dalam akun Google Adsense, kemudian pasang kode iklannya pada blog Anda. Jika iklan Adsense langsung muncul pada blog Anda, berarti blog Anda sudah layak dan memenuhi kriteria Google Adsense, serta sudah bisa menghasilkan dolar dari setiap klik yang diperoleh.

Namun jika iklan Adsense ternyata tidak muncul pada blog Anda, maka itu artinya blog Anda belum layak untuk di pasang Adsense. Solusinya, Anda harus mengupgrade akun Adsense dari Youtube tersebut (Hosted account) menjadi akun Adsense normal (Non-hosted account), yang mana nantinya iklan Adsense bisa muncul dan dapat dipasang dimana saja termasuk di blogspot dan situs-situs lainnya.

Cara upgrade akun adsense hosted agar menjadi akun non-hosted adalah sebagai berikut:

1. Anda harus punya sebuah situs atau blog dulu namun dengan menggunakan sebuah domain yang berbayar. Misalnya nama domain-nya www.blog-anda.com. Jika belum punya sebuah domain, Anda bisa membelinya di penjual domain misalnya saja di situs ini > http://goo.gl/EnTe0G (IDWebhost), yang mana harganya cukup murah, sekitar Rp. 100.000 per-tahun. Anda juga bisa meng-custom domain dari blogspot Anda, caranya telah dijelaskan di http://blog.idwebhost.com/redaksi/blogspot/

2. Setelah Anda memiliki sebuah nama domain, lalu isi blog tersebut dengan berbagai konten/artikel asli, bagus dan bermanfaat, agar bisa cepat diterima oleh google.

3. Lakukan sedikit promosi pada blog tersebut agar mendapatkan trafik pengunjung.

4. Setelah blog sudah siap di daftarkan, silahkan log in kedalam akun Google Adsense Anda.

5. Lalu masuk kedalam menu “Settings”.


6. Kemudian masuk kedalam menu “Access and authorization” > “Site authorization”, kemudian masukan alamat blog/domain anda pada kolom “I will show ads on” dan jika sudah lalu klik “Submit”.

7. Setelah klik “Submit” lalu buat iklan Adsense baru, atau jika sudah ada langsung saja pasang kode iklan Adsense-nya pada blog yang Anda daftarkan tersebut.

8. Setelah kode iklan Adsense di pasang pada domain blog, iklan Adsense tidak akan muncul dan akan blank saja karena belum diterima. Pada tahapan ini artinya blog Anda sedang di review oleh pihak Google.

9. Proses menunggu approval/penerimaan bisa sampai beberapa satu minggu, jadi Anda harus sabar.

10. Setelah diterima, Anda akan mendapatkan email pengumuman bahwa blog Anda telah diterima oleh Google Adsense dan iklan Adsense pada blog tersebut otomatis akan muncul.

Jika diterima, maka akun Adsense akan menjadi akun full/non-hosted account dan iklan Adsense Anda bisa Anda pasang dimana saja termasuk dipasang pada banyak blogspot blog, tanpa harus mendaftar Google Adsense lagi. (1 akun Google Adsense untuk banyak blog). Agar bisa diterima, Domain blog yang Anda daftarkan untuk program Google Adsense harus sudah berumur beberapa bulan, sudah memiliki banyak konten yang unik/asli, serta sudah memiliki cukup banyak trafik/pengunjung yang berasal dari Google search engine. Blog yang masih baru, dan belum memiliki trafik pengunjung sering kali di tolak oleh Google.

No comments:

Post a Comment

silahkan masukan kritikan yang membangun